CARA NAIKKAN PRODUKTIVITAS SEKALIGUS CEGAH GANODERMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

MENAIKKAN PRODUKTIVITAS SEKALIGUS CEGAH GANODERMA

Perkebunan kelapa sawit di Indonesia dibudidayakan secara monokultur. Orientasi pekebun selama ini hanya terpusat bagaimana meningkatkan produksi setinggi-tingginya dengan menggunakan agroinput berbasis kimia yang instan tanpa memperhatikan keberadaan dan kelangsungan keragaman hayati, seperti pathogen berbahaya dalam tanah penyebab tumbuhnya jamur ganoderma.

www.tokopupuknasa.com

Tanah yang tidak sehat pada akhirnya mengakibatkan tanaman mudah terserang hama dan terinfeksi penyakit sehingga hasil SPH (Standar Pohon per Hektar) menurun serta produksi TBS hanya mencapai 35-60% dari standar PPKS (Pusat Penelitian Kelapa Sawit).

Dalam keadaan normal, keseimbangan alam sudah terjaga dengan baik dimana rantai makanan antara predator alami dan patogen sudah berimbang namun karena pemakaian pupuk kimia dan pestisida kimia yang berkelanjutan secara kurang bijak, menyebabkan keseimbangan alam terganggu sehingga predator alami mati dan berkembang patogen baru yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman bahkan mematikan tanaman.

Kembalikan Kesuburan Tanah

Sudah selayaknya bagi pelaku perkebunan kelapa sawit merubah pola perlakuan terhadap kesehatan tanah terlebih dahulu dengan menggunakan pupuk NPK organik seperti Supernasa Granule untuk menjaga kesehatan tanah serta meminimalisir serangan hama dan penyakit. Selain itu dapat mengurangi biaya pemupukan dan meningkatkan produksi yang cukup signifikan (berkisar 25-100%).

www.tokopupuknasa.com


Begitu pula dalam pengendalian hama dan penyakit banyak pekebun sudah menyadari bahaya penggunaan pestisida kimia dapat mengakibatkan resistensi (ketahanan) hama penyakit.

Menyadari hal tersebut, agar dapat membantu pengelola perkebunan sawit untuk menanggulangi masalah produksi dan hama penyakit tanpa merusak lingkungan, PT Natural Nusantara (NASA) ikut berperan serta dengan cara memproduksi pupuk Supernasa Granule dan produk pengendali hayati yang diformulasi spesifik dan khusus sesuai dengan kebutuhan kebun.

Demikian artikel Cara Menaikkan Produktivitas sekaligus mencegah Ganoderma Pada Perkebunan Kelapa Sawit ini, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi rekan-rekan pekebun kelapa sawit khususnya.

Informasi & Pemesanan
Jangan sungkan menghubungi kami
PT Natural Nusantara (NASA)

www.tokopupuknasa.com

ROCHADI
081 222 41 053

Kami juga menerima kerjasama proyek pengadaan pupuk organik.

0 Response to "CARA NAIKKAN PRODUKTIVITAS SEKALIGUS CEGAH GANODERMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel