CARA AMPUH MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TEMBAKAU

TIPS MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TEMBAKAU
CARA AMPUH MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TEMBAKAU, CARA MENGATASI HAMA TEMBAKAU, CARA MENGENDALIKAN PENYAKIT TEMBAKAU, OBAT HAMA TEMBAKAU, OBAT PENGENDALI HAMA PENYAKIT TEMBAKAU
www.tokopupuknasa.com
Tembakau Virginia Boyolali menggunakan teknologi organik nasa
Cara ampuh mengatasi hama dan penyakit tanaman tembakau  Tembakau adalah produk yang sangat sensitif terhadap cara budidayanya, cara budidaya tembakau, perawatan tanaman tembakau, pengendalian hama dan penyakit tanaman tembakau, lokasi tanam, musim/cuaca, dan cara pengolahan. Karena itu, suatu kultivar tembakau tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di tempat yang berbeda agroekosistemnya. 

Tembakau Produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu dan kultivar tertentu. Akibatnya, macam-macam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam. Seperti yang kita ketahui banyak nama-nama tembakau yang membawa nama Daerah tanamnya, antara lain : 
Tembakau Deli, Tembakau srintil Temanggung, Tembakau Parakan, Tembakau Ngadirejo, Tembakau Madura, Tembakau Virginia Boyolali, Tembakau Virginia Sukoharjo, Tembakau Vorstenlanden Klaten, Sleman, sampai Tembakau Virginia Lombok Timur

Tanaman tembakau dahulu merupakan salah satu produk ekspor indonesia, tetapi karena berkurangnya lahan untuk perkebunan tembakau akibat perumahan dan komoditi perkebunan lain akhirnya lahan untuk tembakau semakin berkurang.

Produksi tembakau juga berkurang karena serangan hama dan penyakit yang sampai saat ini belum bisa di atasi sampai tuntas karena serangan bakteri dan jamur.

www.tokopupuknasa.com
Tanaman tembakau terserang hama

Dibawah ini beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang budidaya tembakau.

A . ulat grayak (spodoptera litura ) gejala : berupa lubang lubang tidak beraturan dan berwarna putih pada luka bekas gigitan.

Cara pengendalian hama tembakau ulat grayak : Pangkas dan bakar sarang dan ulat telur, dan lakukan penyemprotan dengan NATURAL PENTANA.

B . ulat tanah ( agrotis ypsilon ) gejala : daun terserang lubang lubang terutama daun muda sehingga tangkai daun rebah.

Pengendalian hama tanaman tembakau ulat tanah ; semprot dengan PESTONA.

C . ulat penggerek pucuk ( heliothis sp ) gejala : daun di pucuk berlubang lubang dan habis.
cara mengatasi hama ulat penggerek pucuk pada tembakau : kumpulkan dan musnahkan telur dan ulat, sanitasi kebun dan semprotkan PESTONA NASA.

D . Nematoda ( meloydogyne sp ) gejala : bagian akar tanaman tampak bisul bisul bulat, tanaman kerdil, layu, daun berguguran dan akhirnya mati.

Pengendalian Nematoda pada tanaman tembakau : sanitasi kebun , dan sebaiknya diberikan GLIO dan PESTONA serta SUPERNASA sejak awal tanam.

E . kutu-kutuan ( aphis sp, thrips sp, bemisia sp ) pembawa penyakit yang disebabkan oleh virus.

Pengendalian hama kutu-kutuan pada tembakau : semprotkan BVR dan PENTANA secara bergantian.

F . hama gangsir (grillus mitratus ), jangkrik ( brachytrypes portentosus ), orong-orong ( grillotalpa africana ), semut geni , dan belalang banci.

Penendalian hama gangsir pada tanaman tembakau : hama ini relatif sulit di atasi, akan tetapi bisa berkurang dengan penstabilan unsur ph tanah dari sejak awal tanam dengan SUPERNASA.
A . hangus batang. penyebab : jamur rhizoctonia solani. gejala : batang tanaman yang terinfeksi akan mengering dan berwarna coklat sampai hitam seperti terbakar.
Pengendalian : cabut tanaman yang terserang dan bakar , sebaiknya sejak awal dicegah dengan aplikasi GLIO.

B . Lanas, penyebab : phitophora parasitika var nicotinae. gejala : timbul bercak bercak pada daun berwarna kelabu yang akan meluas, pada batang yang terserang akan lemas menggantung layu dan mati.
Pengendalian : cabut tanaman yang terserang dan musnahkan ,semprotkan PENTANA.

C . patik daun. penyebab : jamur cercospora nicotineae. gejala : di atas daun terdapat bercak bulat putih hingga coklat, bagian daun yang terserang menjadi rapuh dan mudah robek.
Pengendalian : desinfeksi bibit, renggangkan jarak tanam, olah tanah intensif, bongkar dan bakar tanaman yang terserang, semprotkan GLIO dan PENTANA.

D . bercak coklat. penyebab : jamur alternalria longipes. gejala ; timbul bercak bercak coklat. penyakit ini menyerang tanaman dewasa dan yang masih di persemaian, jamur ini menyerang juga batang dan biji.
Pengendalian : mencabut dan membakar tanaman yang terserang.

E . busuk daun. penyebab : bakteri sclerotium rolfsii. gejala : mirip engan lanas namun daun membusuk.
Pengendalian ; cabut da bakar tanaman yang terserang . semprotkan GLIO

F . penyakit virus. penyebab : virus mojaik (tobacco virus mozaik ), kerupuk (krul), psedomozaik, marmer, mozaik ketimu. gejala : pertumbuhan tanaman menjadi lambat.
Pengendalian : kocorkan SUPERNASA atau POC NASA dan HORMONIK sejak awal tanam

Catatan : jika pengendalian hama penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi, maka dapat digunakan pestisida kimia sesuai dosis yang di anjurkan oleh PPL setempat. agar penyemprotan pestisida kimia lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan, tambahkan PEREKAT PERATA AERO 810, dosis 5 ml per tangki.

www.tokopupuknasa.com
Kantor pusat PT Natural Nusantara (NASA)

Distributor resmi PT Natural Nusantara (NASA)
ROCHADI
081 222 41 053

3 Responses to "CARA AMPUH MENGATASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN TEMBAKAU"

  1. obat apa yg bagus buat penyakit londrak di tanaman tembako

    BalasHapus
  2. obat apa yg bagus buat penyakit londrak di tanaman tembako

    BalasHapus
  3. Silahkan hubungi admin kami 08122241053

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel